SEKILAS INFO
: - Thursday, 25-02-2021
  • 1 tahun yang lalu / WELCOME TO OFFICIAL WEBSITE SMK NEGERI 2 PARIAMAN

Ekstrakurikuler Silat merupakan merupakan media untuk mendorong Pengenalan keadaan lingkungan, sosial, dan budaya kepada peserta didik memungkinkan mereka untuk lebih mengakrabkan dengan lingkungannya selain itu juga untuk menunjang pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai sikap, mental, emosional, sportivitas, spiritual dan sosial, serta pembiasaan pola kehidupan yang tetap berakar pada budaya bangsa yang seimbang antara kemajuan IPTEK dan IMTAQ dengan tetap menjaga ciri kepribadian bangsa dengan budayanya.

Tujuan Ekstrakurikuler Silat bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar :
1. Mengenal dan menjadi lebih akrab dengan lingkungan alam, sosial, dan budaya daerahnya melalui Pembelajaran Silat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
2. Memiliki bekal kemampuan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai seni Beladiri Silat yang berguna bagi dirinya maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.
3. Memiliki sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran Silat serta melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai luhur kebudayaan daerah (khususnya pelestarian Silat dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya) dalam rangka menunjang pembangunan nasional.
4. Mengembangkan, meningkatkan dan melatih kemampuan dan keterampilan gerak sikomotorik, serta pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani yang sehat melalui olahraga beladiri Silat untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
5. Meletakkan landasan Keagamaan dan moralitas yang kuat melalui pendalaman nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan Silat.
6. Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis serta sikap positif terhadap perkembangan lingkungan, bangga dan rasa memiliki terhadap kebudayaan daerah yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.